Komitmen Dengan Tuhan

 

ea1b7cc9-deee-4bb4-b729-705eab86de6d

Pagi-pagi dibangunin teman yang butuh konsultasi tentang piaraannya. Untung tiap hari bangun pukul 05.00 jadi udah lumayan gak gamang diajak ngobrol…masalahnya cukup penting buat aku karena aku termasuk dalam lingkaran sebab akibat orang-orang ini. Jadi aku putuskan untuk tulis.
.
Her : Gue melihara anjing sha, trus ini anjing begajulan banget. Gue gak sanggup deh. Dikurung terus ribut, dilepas begajulan sana sini. Mau gue kasih orang aja, menurut lo gimana?
.
Me : itu emang masalah paling besar di Indonesia. Orang kita gampang “membuang komitmen” hanya karena sulit sedikit. Itu mental yang entah bagaimana menjadi bagian dari problem besar kita.
.
Her : hah?
.
Me : Bingung ya? Gampang aja. Kamu harus paham, ketika kamu memutuskan untuk memelihara binatang apa saja, itu berarti komitmen jangka panjang seumur hidup. Banyak yang meremehkan ini sehingga, orang kita kalo beli binatang itu mentalnya”sementara”. Urusan nanti ya nanti. Tidak pernah ada edukasi tentang bagaimana memelihara mereka dan apa pun tentang mereka. paham?
.
Jadi ketika ada kesulitan sedikit. Solusinya apa?
.
Her : kasih ke orang lain/buang.
.
Me : nah. Itu menyangkut aspek ke semua kehidupan. Meremehkan hal yang mendasar dan lompat ke hal besar tanpa mau berkaca pada dirinya sendiri. Hal-hal yang tidak dikuasainya dia gencar bener ngomonginnya. Masalah moral orang lain aja….wuih!
.
Orang tua membelikan burung emprit ke anaknya depan sekolah. Besok si burung mati, digantikan dengan kelomang. Kelomang mati digantikan dengan ayam. Meremehkan hal mendasar tentang kehidupan. Ini mental dasar lo! Ini hidup yang kalian manusia tidak bisa berikan.
.
kamu harusnya paham saat memutuskan mengambil anjing itu sebagai piaraaan. Itu begajulan karena energinya tidak tersalurkan. Berapa kali seminggu bawa jalan? karena mereka perlu komitmen kalian bawa jalan sehari satu kali untuk meningkatkan kualitas hidup mereka yang cuman di rumah doang.
.
Udah pernah nyoba kamu dirumah aja ndak pernah kemana-mana?
.
Her : 😒 iya bosan banget dan pasti gue akan marah-marah terus.
.
Me : there you go. Coba komitmennya diperbaikin…tanpa kamu sadarin kamu sudah bikin komitmen dengan Tuhan utk menjaga dia seumur hidup dengan kualitas terbaik. Lo pikir gue mau melihara 6 anjing, 6 kucing? Mahal! Ini semua binatang siksaan dan buangan orang kayak kalian. Gue komit menjalankan ini….dan mereka baik-baik aja tuh. Kamu baru satu udah komplen…
.
Her : okay….gue coba browsing tentang masalah ini di youtube dan berkomitmen.
.
.
Please! Era yang begini mudah, kalian hanya perlu mencari informasi apapun di internet. Youtube banyak kok tentang permasalahan begini. 
Binatang bukan mainan….ini makhluk hidup. Jangan meremehkan kehidupan karena Tuhan membenci itu. Jika kalian merasa yang paling dekat dengan diriNYA, tunjukan sikap itu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s