Komitmen Dengan Tuhan

 

ea1b7cc9-deee-4bb4-b729-705eab86de6d

Pagi-pagi dibangunin teman yang butuh konsultasi tentang piaraannya. Untung tiap hari bangun pukul 05.00 jadi udah lumayan gak gamang diajak ngobrol…masalahnya cukup penting buat aku karena aku termasuk dalam lingkaran sebab akibat orang-orang ini. Jadi aku putuskan untuk tulis.
.
Her : Gue melihara anjing sha, trus ini anjing begajulan banget. Gue gak sanggup deh. Dikurung terus ribut, dilepas begajulan sana sini. Mau gue kasih orang aja, menurut lo gimana?
.
Me : itu emang masalah paling besar di Indonesia. Orang kita gampang “membuang komitmen” hanya karena sulit sedikit. Itu mental yang entah bagaimana menjadi bagian dari problem besar kita.
.
Her : hah?
.
Me : Bingung ya? Gampang aja. Kamu harus paham, ketika kamu memutuskan untuk memelihara binatang apa saja, itu berarti komitmen jangka panjang seumur hidup. Banyak yang meremehkan ini sehingga, orang kita kalo beli binatang itu mentalnya”sementara”. Urusan nanti ya nanti. Tidak pernah ada edukasi tentang bagaimana memelihara mereka dan apa pun tentang mereka. paham?
.
Jadi ketika ada kesulitan sedikit. Solusinya apa?
.
Her : kasih ke orang lain/buang.
.
Me : nah. Itu menyangkut aspek ke semua kehidupan. Meremehkan hal yang mendasar dan lompat ke hal besar tanpa mau berkaca pada dirinya sendiri. Hal-hal yang tidak dikuasainya dia gencar bener ngomonginnya. Masalah moral orang lain aja….wuih!
.
Orang tua membelikan burung emprit ke anaknya depan sekolah. Besok si burung mati, digantikan dengan kelomang. Kelomang mati digantikan dengan ayam. Meremehkan hal mendasar tentang kehidupan. Ini mental dasar lo! Ini hidup yang kalian manusia tidak bisa berikan.
.
kamu harusnya paham saat memutuskan mengambil anjing itu sebagai piaraaan. Itu begajulan karena energinya tidak tersalurkan. Berapa kali seminggu bawa jalan? karena mereka perlu komitmen kalian bawa jalan sehari satu kali untuk meningkatkan kualitas hidup mereka yang cuman di rumah doang.
.
Udah pernah nyoba kamu dirumah aja ndak pernah kemana-mana?
.
Her : ūüėí iya bosan banget dan pasti gue akan marah-marah terus.
.
Me : there you go. Coba komitmennya diperbaikin…tanpa kamu sadarin kamu sudah bikin komitmen dengan Tuhan utk menjaga dia seumur hidup dengan kualitas terbaik. Lo pikir gue mau melihara 6 anjing, 6 kucing? Mahal! Ini semua binatang siksaan dan buangan orang kayak kalian. Gue komit menjalankan ini….dan mereka baik-baik aja tuh. Kamu baru satu udah komplen…
.
Her : okay….gue coba browsing tentang masalah ini di youtube dan berkomitmen.
.
.
Please! Era yang begini mudah, kalian hanya perlu mencari informasi apapun di internet. Youtube banyak kok tentang permasalahan begini. 
Binatang bukan mainan….ini makhluk hidup. Jangan meremehkan kehidupan karena Tuhan membenci itu. Jika kalian merasa yang paling dekat dengan diriNYA, tunjukan sikap itu.

Basic Photography Workshop

JIka kalian membutuhkan akhir pekan berkualitas dengan bermain bersama tentang fotografi dasar, yuk ketemuan di Caribou Coffee, Jalan Senopati hari Sabtu (20/05). Untuk kalian yang belum memiliki kamera dan masih ragu, ada 3 kamera Olympus tersedia untuk bermain saat latihan praktek foto.

Hubungi Jundi 085-77381-4656 untuk reservasi IDR300 K (lunch include)

Informasi lengkap silahkan lihat pada poster. See you!

af9f7c93-68f9-4662-a8d3-3225eed37660.jpg

[Travel Diaries] Mengapa menyelam?

Ada 2 hal yang paling aku takutin saat berada di alam, ketinggian dan laut. Namun kalo kata mereka yang bijak hehehehehe….hadapi ketakutanmu maka hidup akan lebih damai. Ndak tau deh itu bener apa ndak, saat hendak mengambil kelas diving sih bukan karena pertimbangan bijak ya. Emang karena dipaksa ama kakak aku supaya bisa nemenin dia ke Takabonerate. Alasannya kurang drama banget ya….dan gak sesuai dengan ekspektasi hehehehe….

IMG_7757_OK.jpg

Mengapa aku menyelam?

Jawaban yang pas itu baru aku dapatkan setelah aku menyelam beberapa kali sejak tahun 2010. Awalnya memang karena dipaksa lalu setelah merasakan sendiri bagaimana sensasinya, aku ketagihan. Bayangkan, melayang tanpa gravitasi, suasana sunyi hanya nafas kita dan suara air, pemandangan spektakuler yang tidak pernah aku lihat, warna-warni cantik dan ketenangan luar biasa.

Aku belum pernah meditasi sih, tapi aku tebak¬†ini memiliki “rasa” yang menyerupai. Tentunya untuk bisa masuk ke level “tenang” kita harus melalui beberapa kali penyelaman¬†dan menemukan cara mengapung dengan sempurna atau yang biasa disebut dengan buoyancy. Jika sudah menemukan cara melayang atau buoyancy, semua akan nampak tenang dan menyenangkan.

M1089871.JPG

Menyelam buat aku adalah rekreasi atau piknik yang sesungguhnya, di sinilah aku belajar memahami cara mensyukuri kekuasaan Allah. Keinginan untuk menjaga menjadi lebih kuat karena alam membutuhkan kita dalam perkara menjaga. Masalah kehidupan, sama dengan manusia sudah diberi jalan oleh Yang Maha Kuasa hanya saja kita sebagai manusia diberi kekuatan yang mereka tidak miliki, kemampuan merusak secara berlebihan.

Merusak bisa dengan beberapa cara salah satunya adalah TIDAK PEDULI dan atau TIDAK PAHAM. Menyelam adalah salah satu cara untuk¬†membuat kalian paham akan kekuasaan Allah. Melihat ada jutaan makhluk dari yang terkecil (mikro) hingga besar yang tidak pernah terbayangkan oleh kita. Aku bersyukur mbak Tjandra (kakak)¬†“memaksa” aku menyelam. Menurut aku ini salah satu ibadah yang perlu dijalankan. Ibadah melihat, memahami dan mensyukuri. Bagaimana kamu bisa mensyukuri sesuatu jika melihat saja belum? Bagaimana pun no pic hoax kan? hehehehe…

Mengapa aku menyelam? 

M1089865.JPG

Aku ingin beribadah. Mencintai adalah ibadah, menjaga juga ibadah. Belajar mencintai itu harus dengan sepenuh hati, Memahami itu bukan keharusan namun datang dari ketulusan. Mengapa aku menyelam? saat menyelam aku merasakan begitu banyak cinta dan ingin mencintai kembali diriNYA yang menciptakan ini semua hanya untuk aku. Manusia yang setiap hari beribadah “meminta” sementara pada kenyataannya Tuhan sudah memberikan terlalu banyak hadiah.

Ayo menyelam, ayo menjaga! Terima kasih sudah membaca….