Nontunai Penting?

Taken with OMD EM5MarkII processed with VSCO with a6 preset

Taken with OMD EM5MarkII processed with VSCO with a6 preset

Mengapa penggunaan nontunai penting? Mencetak uang itu mahal? Iya. Di dalam selembar uang ada berbagai proses panjang yang mengikutinya.Bank Indonesia harus mencetak ulang uang yang rusak selain mengumpulkannya. Penggunaan nontunai tentunya bisa membantu negara melakukan efisiensi.

Banyak yang tidak tahu bahwa penggunaan transaksi dengan Electronic Payment System atau dikenal dengan LCS (Less Cash Society) termasuk ke dalam gerakan efisiensi dalam penggunaan anggara negara. Bank Indonesia yang kita ketahui tugasnya adalah mencetak mata uang kita. Ternyata untuk mencetak uang itu prosesnya panjang dan mahal.

Namun kalau untuk saya pribadi, penggunaan nontunai bisa menjadi salah satu alternatif untuk berhemat. Misalkan bayar tol Rp9.000 dan membayar Rp10.000, kembalian Rp1.000 atau pecahan sering kali tercecer. Namun jika kita menggunakan E-money, nilai yang hanya Rp1.000 akan tetap tersimpan. Bayangkan jika Rp1.000 dikalikan sekian puluh kali kebiasaan kita tentunya itu akan menjadi jumlah yang besar.

#barutahu #SmartMoneySmartNation

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s