Makan Ramen Halal di Jepang

Sulit mencari menu halal di Jepang? Untuk semangkok ramen yang lezat di Jepang saja, bahan baku yang digunakan bisa tidak halal atau bahkan penggunaan alat masak yang bercampur. Standar halal menjadi sulit bagi kaum muslim yang sangat mementingkan hal tersebut. Apalagi di Jepang untuk berkomunikasi selain bahasa Jepang cukup sulit. Lalu bagaimana caranya mencari restoran atau kedai yang menyuguhkan ramen halal di Jepang?

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Ramen yang berisi rumput laut, bawang, kecambah, bayam, telur rebus dan rebung yang di Jepang disebut Menma.

Naritaya, salah satu kedai di distrik Asakusa, Tokyo menyediakan ramen halal. Kedai yang memang hanya memasak menu berbagai macam ramen juga menyertakan sertifikat halal. Sertifikat yang dikeluarkan oleh Japan Islamic Trust dengan tujuan utama demi kesejahteraan muslim di Jepang dan tentu saja wisatawan muslim yang berkunjung. Apalagi Asakusa adalah distrik yang selalu ramai dengan wisatawan dari berbagai macam belahan dunia.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Kedai Naritaya berada di dalam pertokoan Jalan Nishisando

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Kedai Naritaya

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Chef Thoriq sedang membuat Mazesoba atau Ramen tanpa kuah seharga 700 Yen.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Mazesoba – Ramen tanpa kuah, rasanya gurih. Lezat!

Kedai Naritaya buka sejak Januari 2015, tidak perlu cemas tidak membaca tulisan di menu karena menu restoran menggunakan tulisan dalam bahasa inggris dan jepang. Menurut chef Thoriq, sulit untuk menemukan rasa washoku yang original dengan menggunakan bumbu “normal” tetapi akhirnya setelah percobaan berkali-kali mereka menemukan dan mempertahankan rasa originalnya dengan tetap halal. Chef Thoriq yang hari itu bertugas memasak adalah warga Jepang muslim. Thoriq adalah nama muslimnya.

91628346-b5d3-4ea1-850c-6ed9a6b524d0

Screen Shot 2016-03-20 at 7.16.54 PM

Lokasi Naritaya di Google map klik MAP

Sertifikat Halal di Jepang

Sebelum tahun 2014, sangat sulit dan mungkin nyaris tidak mungkin untuk menemukan restoran halal di Jepang. Menurut beberapa sumber media Jepang, pemerintah Jepang menyadari kekurangan ini lalu memutuskan untuk serius dalam menanggapi permasalahan sertifikat halal. Promosi pariwisata yang mempersilahkan seluruh dunia datang untuk mengunjungi Jepang tetapi fasilitas penting seperti informasi dalam bahasa inggris, tidak ada WiFi gratis, makanan halal dan transportasi umum menjadi momok terbesar.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Sertifikat Halal di depan pintu Kedai Naritaya

Jepang menyadari dengan cepat lalu segera bebenah infrastruktur yang mendukung pariwisata. Salah satunya adalah Made in Japan Halal Support Committee di bulan Februari 2014. Pemerintah Jepang lalu berusaha belajar untuk memahami tentang kebutuhan para muslim Jepang dan wisatawan muslim yang berkunjung ke Jepang. Bahkan kini kalian yang ingin mengetahui di mana saja letak restoran Halal di Asakusa dan Ueno, Perkumpulan Muslim Taito di Tokyo menerbitkan peta khusus untuk muslim.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

peta untuk wisatawan muslim

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Perhatikan informasi yang berada di bagian belakang peta.

Peta berisi informasi tentang tempat ibadah dan restoran untuk wisatawan muslim. Uniknya tempat-tempat ini diberi bintang berdasarkan ketertarikan bisnis-bisnis unit ini dalam mengakomodir wisatawan muslim. Bintang 3 untuk menu yang seluruhnya halal dan tidak ada minuman alkohol, bintang dua untutk menu makanan halal saja dan bintang satu untuk restoran yang menyediakan menu halal tetapi masih tersedia beberapa menu yang tidak halal.

Jika ingin ke Jepang dan ingin mendapatkan peta silahkan masuk ke www.halalgourmet.jp atau ke laman facebook milik Tokyo’s Taito-ku. Disana kita bisa mendapatkan informasi tentang restoran halal dan tempat ibadah disekitar Tokyo. Jadi tunggu apalagi? Tidak perlu ragukan untuk main ke Jepang? Mungkin ada dari kalian yang bisa menambahkan informasi tentang restoran halal terbaru di seputar Tokyo? Sok atuh informasikan pada kolom komentar.

All photo taken by Marrysa Tunjung Sari with #EM5markII #zuikolens #1240mm F 2.8 and #17mm F 1.8 #olympus_occi_id. 

 

Advertisements

2 thoughts on “Makan Ramen Halal di Jepang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s