[Tips Fotografi] Memotret Makanan Untuk Sosial Media

Melihat foto makanan kok kayaknya gampang banget gitu, tapi setelah dicoba….bisa jambak-jambak rambut sendiri karena makanan yang mau kita foto tampak tidak lezat….kzl kan? Padahal rumusan food photography kalo kata para fotografer profesional yang bekerja khusus untuk moto makanan adalah makanan yang di foto harus terlihat begitu enak sehingga orang jadi lapar dan ingin menggigit halaman kuliner.

Egg Station - Hotel dimana ini ya? Lupa....moto oleh penulis pakai ponsel edit VSCO

Egg Station – Hotel dimana ini ya? Lupa….moto oleh penulis pakai ponsel edit VSCO

Tapi itu kan kata mereka yang memang kerjaannya disana, kalau kalian cuman ingin motret untuk keperluan instagram dan facebook? Ya sama aja! Kalo ndak keliatan enak ya udah gagal aja itu foto….trus bagaimanakah supaya terlihat enak? Konsep! 

Foto makanan itu adanya di konsep. Bagaimana kalian bisa menterjemahkan makna dari makanan tersebut kedalam sebuah foto. Ya kalo kalian berada di cafe, coba deh manfaatin properti yang ada di cafe tersebut untuk memperkuat makanan dan minuman yang akan kita foto.

Breakfast - Home Mate, Seminyak Bali

Breakfast – Home Mate, Seminyak Bali photo by penulis  (belum di edit sama sekali)

Foto di atas itu murni bener diriku lagi mau sarapan bersama teman dan begitu liat ada tempat lucu depan hotel kami langsung aja kami berdua rempong banget. Semua properti kita pinjam dari mbaknya, mulai dari serbet, itu lada dan garam…voila! Cahaya yang dipakai itu ya cahaya alami aja, kaca jendela ada di belakang foto….jadi posisi kita menghadap ke jendela supaya bisa dapat cahaya yang menyenangkan.

Apakah foto makanan harus blur-blur atau basa canggihnya bokeh? Ndaklah! Ada sih fotografer pro yang membuat teori katanya foto makanan kudu bokeh….ndaklah! Kalo makanannya ribet semacam kepiting atau yang banyak tekstur….kita pake diafragma (F) besar lalu kemudian close up motonya….ya jadi kacau….foto capit doang yang keliatan. Apa enaknya ngeliat capit doang?

Gurame Bakar - foto oleh penulis dengan menggunakan ponsel edit VSCO cam

Gurame Bakar – foto oleh penulis dengan menggunakan ponsel edit VSCO cam

Korea BBQ  foto oleh penulis dengan menggunakan ponsel

Korea BBQ foto oleh penulis dengan menggunakan ponsel

Foto makanan itu peraturannya cuman 1 = harus terlihat enak dan bikin ngiler. Namanya konsep pemotretan jangan batasi dirimu dengan peraturan justru membuat karya fotonya jadi terkungkung. Kalau teknis foto ya memang tegas dan jelas peraturannya….kan teknis foto itu matematika tetapi kalo konsep ya ndak toh?

Tips :

  1. Pencahayaan/lighting itu segalanya!
  2. Keep it simple
  3. Pakai/gunakan props/properti yang sederhana
  4. Gunakan sedikit minyak untuk efek glossy (tapi kalo di restoran mungkin coba minta  olive oil)
  5. Masukkan sedikit unsur manusia dan aktifitasnya (ini sebenernya bagian dari konsep)

Berikut beberapa foto contoh dan selamat mencoba! Terima kasih.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Photo by me – OLYMPUS OMD Em10MarkII Zuikolens 45 mm F1.8

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Photo by me – OLYMPUS OMD EM10MarkII Zuiko Lens 45 mm F1.8

 

Ice Thai Tea Photo by @dailyaima Processed with VSCOcam with hb2 preset

Ice Thai Tea Dapoer si Teteh Photo by @dailyaima – Iphone Processed with VSCOcam with hb2 preset

Sirloin Pinchos foto oleh penulis (nah ini contoh dari penggunaan bokeh untuk fokus ke daging yang di colek ke saosnya)

Sirloin Pinchos foto oleh penulis (nah ini contoh dari penggunaan bokeh untuk fokus ke daging yang di colek ke saosnya)

Cheese Cake Photo by Peny Pujiati - Huawei Phone Processed with VSCOcam

Cheese Cake Photo by Peny Pujiati – Huawei Phone Processed with VSCOcam

Steak Photo by Peny Pujiati - Huawei Phone Processed with VSCOcam

Steak Photo by Peny Pujiati – Huawei Phone Processed with VSCOcam

Photo by Peny Pujiati - Huawei Phone Processed with VSCOcam

Photo by Peny Pujiati – Huawei Phone Processed with VSCOcam

Photo by Peny Pujiati - Huawei Phone Processed with VSCOcam

Photo by Peny Pujiati – Huawei Phone Processed with VSCOcam

Photo by @gabynelwan (instagram)

Photo by @gabynelwan (instagram)

Photo by @gabynelwan (instagram)

Photo by @gabynelwan (instagram)

Advertisements

TRAVEL : BELITUNG 2 [BAGIAN TIMUR] KOTA 1001 WARUNG KOPI

Selamat datang di Manggar, Kota 1001 warung kopi!

Selamat datang di Manggar, Kota 1001 warung kopi!

Menikmati Belitung Timur itu seperti menikmati ketenangan yang sangat merindukan. Suasana keramahan penduduk Belitung Timur benar-benar membuat kami sangat terkesan dan keinginan untuk kembali sangat besar. Dimulai dari obrolan santai di warung kopi Manggar, tegur sapa ramah petani Lada hingga dipersilahkan masuk melihat rumah khas Belitung miliki seorang ibu dekat pantai Penyabong. Kami merekomendasi Belitung sebagai tempat berlibur bagi keluarga!

Belitung Timur dibagi menjadi 6 Kecamatan, Manggar, Kelapa Kampit, Gantung, Dendang, Damar dan Simpang Pesak. Masing-masing kecamatan memiliki potensi wisata dan beberapa sudah bisa dikunjungi dengan kondisi jalan aspal yang sangat baik. Pertama kali memasuki Belitung Timur sebaiknya kita mampir terlebih dahulu ke Manggar untuk menikmati secangkir kopi hangat dengan sarapan telur rebus dan roti bakar.

Manggar

SAMSUNG CSC

Warung kopi khas manggar

Hangatnya sambutan di Belitung Timur sudah terasa ketika kami memasuki Manggar, pusat kota Belitung Timur yang terkenal akan seribu satu warung kopi. Minum kopi adalah kegiatan bersosialisasi yang dilakukan warga di Manggar. Tradisi ini sudah ada sejak jaman kejayaan PN Timah. Warung kopi dulunya tempat para buruh timah dan pedagang beristirahat. Hampir sama dengan tradisi ‘ngopi’ di Jakarta. Bedanya di Manggar tidak ada warung kopi berinterior modern dengan sofa empuk, TV dan AC. Bubuk kopi yang dipakai berasal dari Lampung. Warung kopi di Manggar hanya mengolahnya menjadi secangkir kopi yang nikmat, tanpa menggunakan keahlian barista.

Selamat datang di Manggar! Kota 1001 warung kopi

Selamat datang di Manggar! Kota 1001 warung kopi

Warung kopi di Manggar cukup sederhana. Dengan bangku dan meja kayu beralaskan plastik. Rata-rata warung kopi tidak menggunakan jendela, jadi dibiarkan terbuka begitu saja. Suasana yang tepat untuk obrolan berkualitas atau canda tawa sambil mengangkat satu kaki dan menikmati segala cara terbaik menikmati kopi ala Manggar!

 

 

SAMSUNG CSC

Kongkow ala Manggar di warung kopi pak Atet

Peralatan kopi ala Manggar

Peralatan kopi ala Manggar

Pak Atet sedang membuatkan kami secangkir kopi yang lezat!

Pak Atet sedang membuatkan kami secangkir kopi yang lezat!

Warung kopi Atet adalah salah satu warung kopi tertua dan terkenal di Manggar. Berlokasi di Jl Jend. Sudirman, warung kopi ini mulai menyuguhkan kopi sejak tahun 1949 dan telah dijalankan oleh 3 generasi. Warung kopi Atet mulai melayani sejak pukul 04.00 dini hari hingga 15.00 WIB. Harga kopi di sini pun cukup murah. Kopi tubruk hitam atau biasa disebut kopi O jika menggunakan gula berkisar dari Rp4.000 – Rp7.000, Kopi susu berkisar dari Rp6.000 – Rp12.000. Yang membuat warung kopi ini juga bertambah istimewa, mereka menyediakan gula khusus diabetes.

Manggar – Pantai Serdang

Monumen selamat datang Manggar

Monumen selamat datang pantai Serdang

Mendorong kapal ke darat setelah selesai mencari ikan.

Mendorong kapal ke darat setelah selesai mencari ikan.

Kapal Nelayan Pantai Manggar sangat khas dengan ukiran hewan. Tiap kapal memiliki identitas yang berbeda.

Kapal Nelayan Pantai Manggar sangat khas dengan ukiran hewan. Tiap kapal memiliki identitas yang berbeda.

SAMSUNG CSC

Tangkapan hari ini.

Perahu nelayan warna-warni di tepi pantai ini menjadi pemanis yang membuatnya berbeda dari pantai-pantai lain. Kami juga bisa melihat kegiatan para nelayan yang baru datang dengan hasil pancingannya. Pasir putihnya terasa sangat halus dan membuat kita tidak ingin menggunakan alas kaki lagi ketika menyusuri pantai yang cukup panjang ini.

Manggar – Nyiur Melambai

Pantai yang terletak di desa Lalang, kecamatan Manggar, memiliki garis pantai yang panjang sehingga mata kita bisa dimanjakan melepas pandangan ke segala penjuru. Beberapa pohon pinus dan kelapa tumbuh menyejukkan mata dan menambah keindahan alami pantai ini. Pada saat musim panas, pengunjung dapat bisa menikmati pantai dengan lebih baik. Untuk membawa pulang kenangan dari pantai Nyiur Melambai, kita bisa membeli kerajinan tangan di galeri pinggir pantai.

Manggar – Bukit Samak/GubokBerangsai

Bukit yang terletak di Ibukota Kabupaten Belitung Timur ini memiliki nama yang unik. Gubok Berangsai artinya gubuk tempat bersantai karena terletak di dataran paling tinggi di tanah kota Manggar. Kita bisa menikmati kuliner sambil memandang pemandangan laut dari atas bukit. Jika ingin menikmati lebih tenang dan santai, kita bisa bermalam disini. Penginapan tersedia dan toko suvenir pun menjual cindera mata salah satunya batu Satam.

Manggar – Wisata Manggrove

Hutan lindung pantai yang terbagi menjadi dua wilayah yaitu kelompok hutan lindung Pantai Senusur Sembulu yang tersebar dari wilayah timur sampai selatan pulau Bellitung dan hutan lindung Pantai Burong Mandi dari Timur sampai Utara. Keliling wisata Manggrove bisa kita lakukan melalui restauran Fega. Untuk keterangan detil baca liputan kuliner kami di Kuliner Indonesia

Kelapa Kampit – Open Stove & Stoven

Sejarah kepulauan Bangka Belitungtak lepas dari pertambangan biji timah yang semula dilakukan oleh Belanda. Bekas-bekas pertambangan yang pernah dibuat Belanda masih dapat kita saksikan hingga saat ini berupa kubangan air dan goa bekas penambangan.

Gantung – Bendungan Pice

Bendungan peninggalan zaman Belanda yang mulai dibangun sejak tahun 1934 terdapat dikecamatan Gantung. Selain sebagai alat pengatur debit air, bendungan ini sekarang menjadi salah satu destinasi wisata andalan Belitung Timur. Pengunjung dapat menikmati pemandangan sekitar bendungan, menyeberangi bendungan dan juga menikmati kuliner yang ditawarkan warung-warung sekitar.

Gantung – Replika SD Laskar Pelangi dan Museum Kata Andrea Hirata

SAMSUNG CSC

Museum Kata Andrea Hirata

SAMSUNG CSC

Museum Kata Andrea Hirata

Museum Kata Andrea Hirata

Museum Kata Andrea Hirata

SAMSUNG CSC

Museum Kata Andrea Hirata

Museum Kata Andrea Hirata

Museum Kata Andrea Hirata

Replika bangunan sekolah dasar Muhammadiyah menjadi lokasi syuting utama di film layar lebar Laskar Pelangi. Bangunan ini terletak di daerah bukit Raya desa Lenggang. Untuk mencapai bangunan tua ini, pengunjung harus sedikit mendaki bukit pasir setelah memasuki gerbang utama.

Selain Replika SD Laskar Pelangi untuk membuat kunjungan kita menjadi lebih kumplit, museum Kata pun wajib kita kunjungi dan apresiasi. Karena museum kata merupakan museum sastra pertama dan satu-satunya di Indonesia. Suasana di dalam museum ini sungguh menyenangkan dan inspiratif. Bangunan asli rumah dibiarkan tetap terjaga. Bangunan di samping museum yang kaya akan warna, dipergunakan untuk area pendidikan.

SAMSUNG CSC

Museum Kata Andrea Hirata

SAMSUNG CSC

Museum Kata Andrea Hirata

SAMSUNG CSC

Museum Kata Andrea Hirata

Kalimat inspiratif yang diambil dari film “Laskar Pelangi” banyak ditemukan di dalam museum ini. Pada ruangan tengah, kita akan melihat sampul novel Laskar Pelangi yang telah dan akan diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa. Tidak melupakan tradisi, di ruang belakang museum kata pun terdapat sudut unik yang menyuguhkan “kopi kuli”. Konon turis asing yang mengunjungi museum ini berasal dari berbagai belahan dunia seperti: Argentina, Jepang, Jerman, Swedia dan masih banyak lagi. Linkers bisa menemukan museum ini di jalan raya Laskar Pelangi no.7, Gantung, Belitung Timur.

SAMSUNG CSC

Museum Kata Andrea Hirata

SAMSUNG CSC

Museum Kata Andrea Hirata

Selain dari tempat-tempat diatas yang sudah kami kunjungi, masih banyak beberapa tempat wisata lain di Belitung Timur. Memang batasan waktu 3 hari tidak cukup untuk meneroka keseluruhan pulau. Masih ada pulau Ayam yang cocok untuk mereka yang menggemari aktifitas memancing, snorkling. Air lautnya sedemian jernah sehingga mengintip bintang laut dari permukaan akan tampak terlihat jelas.

Selain pantai dan pantai yang indah dan sulit untuk “move on”, Belitung timur juga memiliki wisata air terjun Marsila, Situs balok lama danbaru, ketiga obyek wisata ini terletak di kecamatan Dendang. Sementara untuk kecamatan Damar kita bisa mengunjungi pantai Burong Mandi yang terkenal, pantai Bukit Batu, Vihara Kwan Im dan Pantai Kuala Tambak. Kalau masih punya waktu mampirlah ke kecamatan Simpak Pesak untuk bermain di pantai terakhir, yaitu pantai Punai.

Warung kopi di Manggar

Warung kopi di Manggar

Jika kami bisa membuat kesimpulan dari keseluruhan perjalanan ini, memang Belitung itu bukan tempat yang hanya akan dikunjungi satu kali. Kenangan kami terbaik kami ketika berenang menikmati matahari tenggelam di pantai yang begitu bening dan jernih, terasa seperti liburan yang premium! Bagi kalian yang berdomisili di Jakarta, perjalanan ke Belitung hanya memakan waktu 45 menit saja. Tentu pemandangan demikian indah yang berjarak sangat dekat, patut menjadi pertimbangan kunjungan berlibur bersama keluarga! Kami yakin, Belitung akan membuat kenangan akan berlibur tidak terlupakan.

Foto : Marrysa Tunjung Sari Teks : Puti Adrian

.