[TIPS] Berkelana Ke Pulau Alor dan Timor

SAMSUNG CSC

Rumah Bundar

Nusa Tenggara Timur, Indonesia yang terletak di bagian tenggara Indonesia. Provinsi ini terdiri dari beberapa pulau, Pulau Flores, Pulau Sumba, Pulau Timor, Pulau Alor, Pulau Lembata, Pulau Rote, Pulau Sabu, Pulau Adonara, Pulau Solor, Pulau Komodo dan Pulau Palue. Ibukotanya terletak di Kupang, di bagian barat pulau Timor. Provinsi ini terdiri dari kurang lebih 550 pulau, tiga pulau utama di Nusa Tenggara Timur adalah Pulau Flores, Pulau Sumba dan Pulau Timor Barat atau Timor.

 

SAMSUNG CSC

Pulau Kepa, Pulau Alor

Pulau Alor

Jika hanya memiliki waktu yang terbatas untuk meneroka Nusa Tenggara Timur atau NTT, maka saran saya adalah untuk memilih ingin berwisata seperti apa? Misalkan wisata laut/Diving, tracking, roadtrip atau kuliner. Untuk melakukan kegiatan menyelam dan tracking maka pulau Alor bisa menjadi pilihan yang tepat.

Perjalanan Jakarta Kupang dengan menggunakan Citilink akan transit di Surabaya dan kemudian pindah pesawat lanjut terbang ke Kupang. Jika kalian ingin berkunjung ke pulau pulau Alor, kalian membutuhkan sambungan penerbangan dengan kapal ATRATR (Aerei da Trasporto Regionale atau Reginal Air Transport – bahasa gampangnya pesawat baling-baling antar pulau) dari Kupang dan mendarat di kota utama pulau Alor, Kalabahi. Biaya penerbangan sekitar Rp400.000 – Rp700.000 tergantung waktu pembelian dan waktu tempuh perjalanan hanya 50 menit. Sedangkan jika ingin menekan pengeluaran bisa memilih transport dengan kapal laut seharga Rp90.000 dengan waktu tempuh 10 jam.

SAMSUNG CSC

Gadis dusun desa Boti, Timor

Tips :

  • Beli beberapa keperluan pokok  sejak di Kupang karena di Alor barang-barang pokok harganya lumayan mahal dari harga normal.
  • Selalu membeli air mineral saat bepergian keliling Alor, walaupun angin sejuk mataharinya tetap saja terik.
  • Gunakan selalu krim pelindung matahari
  • Bawalah topi dan kacamata hitam
  • Siapkan alat mandi seperti handuk dan sabun untuk membilas setelah bermain di pantai
  • Sesampai di Kalabahi cari restoran dan bungkus makan siang untuk dinikmati sambil memandang keindahan Alor. Warung makanan tidak banyak di pulau Alor.
  • Jangan lupa mencoba pisang yang tumbuh dari tanah Alor, rasanya manis dan lezat.
  • Sewa kendaraan bisa dilakukan saat tiba di bandara udara Kalabahi. Biaya antar dari Kalabahi ke Alor kecil (pulau Kepa) sekitar Rp150.000 dan untuk sewa kendaraan sekitar Rp500.000 tergantung dari keahlian kita dalam tawar menawar.
  • Island Hopping atau wisata pulau bisa dilakukan dari Alor Kecil, sewa kapal untuk menyeberangi pulau Kepa hanya sekitar Rp20.000 per orang dan untuk keliling ke pulau Ternate dan Umapura biaya sewa Rp400.000. Kalian bisa melihat ibu-ibu pulau Ternate bekerja membuat kain tenun khas NTT.
  • Jangan lupa membawa kembali sampah dari makanan yang kalian bawa dari kota. Mari kita jaga keindahan Indonesia dengan kesadaran berwisata yang baik.
  • Ambil uang tunai dalam jumlah banyak karena ATM tidak bisa ditemukan diluar kota Kalabahi.
  • Telekomunikasi hanya bisa dengan menggunakan Telkomsel.

Pulau Timor

Kupang merupakan ibu kota Nusa Tenggara Timur yang di barat daya Pulau Timor. Sebagai salah satu dari tiga pulau terbesar di Nusa Tenggara Timur, Pulau Timor sekarang diduduki oleh dua Negara yaitu Timor Leste yang baru melepaskan diri dari Indonesia, dan sisanya adalah wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

photo : Ebbie Vebri Adrian

Penulis memotret Sunset di Lasiana, Kupang, Timor – photo : Ebbie Vebri Adrian

Kota Kupang memiliki sebuah bandar udara dengan nama Bandara El Tari. Dahulu bernama pelabuhan udara Penfui. Pada mulanya adalah bekas peninggalan jaman penjajahan Belanda yang hanya berupa sebuah airstrip. Pelabuhan Kupang dapat melayani kapal-kapal barang maupun penumpang.

Pulau Timor dibagi menjadi Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Kabupaten Timor Tengah Utara (TTS), Kota Kupang dan Timor Leste. Untuk kota-kota besar yang ada di Timor dimana kalian bisa menemukan fasilitas lengkap, kota Kupang, Soe, Kefamenanu dan Atambua. Untuk fasilitas komunikasi, saya menyarankan hanya jaringanTelkomsel jika ingin terus terhubung dengan internet –  provider komunikasi lain hanya bisa online sebatas kota besar saja (Kupang, Atambua).

Sedangkan untuk transportasi laut, dermaga sering melayani kapal penumpang menuju Pante Makasar, Ruteng, Baa, Dili, Kalabahi dan lain-lain. Saat ini Pelabuhan Niaga dan Pelabuhan Komersil terletak di daerah Tenau dan Bolok, yang merupakan wilayah Kabupaten Kupang. Di wilayah Kota Kupang terdapat Pelabuhan Rakyat di Namosain dan Pelabuhan Laut Kupang. Pelabuhan Rakyat Kupang di Namosain merupakan pelabuhan laut alam yang sekarang telah ditata dengan lebih baik. Pelabuhan ini kapal-kapal kayu melayani transportasi laut menuju Rote, Semau dan beberapa daerah di sekitar Kota Kupang.

Sistem transportasi darat Kota Kupang dilayani oleh minibus angkutan kota yang biasa disebut bemo. Ada pula layanan taksi dan beberapa rute dilayani oleh bus kota. Sebagian besar rute dalam kota dilayani oleh bemo yang menghubungkan beberapa terminal seperti Terminal Kupang, Terminal Oepura dan Terminal Oebobo. Untuk keberangkatan jalan darat ke luar kota dilayani di Terminal Oebobo. Melalui jalan darat pula dilayani bus antar kota dalam provinsi ke Soe, Kefamenano dan Atambua, serta antar negara, yakni ke Dili, Timor Leste. Bus ini disediakan oleh berbagai penyedia layanan termasuk DAMRI.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s