[Travel Diaries] Tips Wisata Kuliner Makassar

Pergi ke Makassar itu selalu berbahaya! Berbahaya bagi mereka yang sedang mengikuti program diet karena semua yang Makassar suguhkan benar-benar mengundang wisata kuliner tiada berhenti. Dimulai dari seafood, daging hingga nasi goreng merah. Seperti Makassar sejati berkata, Makan ki!

Coto Makassar

IMG_2011_OK

Photo : Sulikati Kastumi

 

Ada banyak yang menyajikan coto Makassar, mulai dari kelas warung hingga restoran besar. Hanya ada dua nama warung dan restoran yang menyajikan coto Makassar yang sangat direkomendasikan oleh saudara dan teman asli Makassar serta rujukan dari para traveler yang sudah berulang kali datang,

Coto Makassar Gagak

Buka 24 jam

Jl Gagak No 27 Makassar

Tlp. 0411-870800

Harga Coto Rp15.000 Ketupat Rp1000

Coto Makassar Nusantara

Buka : 07.00-18.00

Jl Nusantara, Makassar

Harga Coto Rp18.000 Buras Rp1000

Konro Bakar dan Sup Konro

SAMSUNG CSC

Untuk dua makanan ini, terus terang saya lebih menyukai konro bakarnya. Konro bakarnya empuk dan penuh bumbu, sementara untuk sup konro saya agak sedikit kesulitan menggigit daging diantara tulang iga. Saran pesan konro bakar dan minumnya es jeruk segar!

Sop Konro Karebosi

Jl. Gunung Lompobattang No 41, Makassar

Telp: 0411 312157

Harga per porsi Rp41.000

Pallumara (Sup Kepala Ikan)

Sup kepala ikan yang disuguhkan dengan kuah kuning dari kunyit, rasanya segar dan tidak amis. Apalagi ditambah dengan bawang, kepala ikan kakap menjadi begitu menggiurkan.

IMG_2351_OK

Pallumara Mappanyukki

Jl. H.A. Mappanyukki No.36 C, Makassar

Harga per porsi Rp30.000

Jalan Kote atau pastel Makassar

SAMSUNG CSC

Bentuk dan rasanya serupa dengan Pastel. Bedanya bahan kulit pastel umumnya tebal dan empuk, sedangkan kulit jalangkote lebih tipis. Kulit jalangkote menggunakan bahan dasar terigu, telur, santan, mentega, garam, dan bahan-bahan tambahan lainnya dan dibuat tipis.

Rekomendasi membeli :

Jalang Kote

Jl. Gunung Nona No 49A, Makassar

Jl. Lasinrang no. 11 A, Makassar.

Nyuknyang

SAMSUNG CSC

SAMSUNG CSC

Pasti kalian akan bertanya, apa itu Nyuknyan? Nyuknyan, nama lain dari bakso. Orang Makassar menyebutnya demikian, bagaimanakah rasa bakso Makassar? Menurut saya sih sama hanya saja rahasia nikmatnya bakso Makassar terletak pada sambel kuning khas Makassar. Yang lebih mantab lagi, Nyuknyang Atiraja dikemas dalam paket untuk oleh-oleh keluar kota.

Nyuknyang Ati Raja


Jl Gunung Merapi

Jl Lanto Daeng Pasewang

Jl Pengayoman


Harga per porsi Rp18.000

Pallu Basa

Hampir mirip dengan Coto Makassar tetapi dengan aroma kuah yang sedikit berbeda, santannya lebih kental dan serbuk kelapa sangrai terasa menyatu dengan kuahnya. Isinya aneka campuran daging dan jeroan dari sapi dan kerbau. Pilihan Pallu Basa terkadang dikombinasi dengan telur, jika kalian tidak suka telur bisa memesan yang tanpa telur.

Warung Pallu Basa H. Haeruddin

Jl. Serigala – Makassar

Harga Rp16.500

Aneka Es Khas Makassar, kue Jajan Pasar

Pisang Ijo, Pallu Butung, Songkolo, Bassang (jagung), Durian Kelapa, Barongko (pisang) adalah deretan makanan penutup dan juga cemilan khas Makassar. Susah untuk menyebutkan satu persatu, yang pasti semuanya lezat dan kaya akan rasa. Untuk bisa mencoba semua itu ada sebuah restoran atau banyak juga yang menyebut café Mama. Setiap kali menyebut tempat itu semua orang langsung memuji panganan diatas dan juga bubur manadonya yang lezat. Mampir dan buktikan sendiri yuk!

SAMSUNG CSC

 

SAMSUNG CSC

 

SAMSUNG CSC

MAMA TOKO KUE DAN ES KRIM

Jl Serui no 1, Makassar

Jl. Bau Mangga, Makassar

Buka : 09.00-22.00

Pisang Eppe dan Saraba

Apa itu pisang Eppe? Pisang bakar yang sebelumnya dipenyet atau ditekan menggunakan sepasang balok kayu, kemudian disajikan dengan gula merah cair dan biasanya diberi aroma nangka dan durian.

Sambil memesan pisang eppe, kalian bisa juga memesan minuman khas dari Makassar, Saraba. Minuman yang terbuat dari jahe, telor, santan dan gula merah, rasanya hangat dan manis.

Lokasi pembelian pisang eppe dan Saraba bisa dinikmati sepanjang pantai Losari. Para pedagang ini buka saat menjelang sore hingga tengah malam.

IMG_2062_OK

Photo : Sulikati Kastumi

 

Nasi Kuning

Masakan nasional ini memang menjadi makanan favorit masyarakat Indonesia. Di Makassar, nasi kuningnya memang tampil berbeda dari nasi kuning yang pernah saya coba.

Nasi Kuning Riburane

Jl. Riburane (Depan RRI)

Makassar

 

Ikan Kudu-Kudu dan Otak-Otak

Ikan berbentuk kotak persegi ini, dagingnya sangat gurih dan empuk. Dibakar. Lalu dibelah dari bagian perutnya, sehingga terlihatlah dagingnya yang putih tinggal di dalam kulitnya yang mirip kotak.  Nyaris tidak ada tulangnya. Dimakan dengan sambal Parape.

Rumah Makan Apong

Jl. Pangeran Diponogoro No. 95, Makassar

*catatan : beberapa foto diambil oleh teman saya Sulikati akan diberi keterangan, sementara foto saya tanpa keterangan caption.

[Tips Fotografi] Kamera Saku dan Momen Penting!

2
Aduh cuman punya kamera saku  tapi pengen banget bikin foto momen saudara akad nikah jadi penuh kenangan gimana ya? Apa perlu beli DSLR? Banyak banget curcol semacam ini saya dengar saat menjelang acara penting. Padahal, kamu pakai kamera saku juga nggak masalah kok. Dalam fotografi ada ungkapan jika budget memiliki kamera tidak banyak, gunakan kamera yang kamu punya karena itu yang terbaik!

Pelajari sudut pengambilan dan perhatikan momen penting dan fokus pada titik itu. Latihan aja sebelum hari H dengan situasi di rumah, kerja atau kegiatan sehari-hari. Latihan seminggu (atau lebih tergantung waktu) sebelum hari H terus-menerus, percaya deh, kamu pasti bisa lebih baik dan mulai ketemu celahnya. Masalah dengan pengambilan sudut itu bisa dipecahkan dengan melatih cara pandangmu! Serius!

Banyak yang komentar bilang, “Ya elo gampang, lo kan fotografer profesional!” Hahaha itu mah gak ada hubungannya. Mau saya amatir atau profesional tapi kalau jam latihannya udah banyak tentunya akan semakin baik dan baik kok. Saya kerja untuk foto, tiap hari dihadapkan dengan “foto” tentunya proses belajarnya ya lebih macem-macem, la wong masalahnya juga macem-macem.

Sama deh kayak tukang bangunan, coba aja kita suruh ngamplas. Ngamplas itu hal yang sederhana keliatannya, coba aja deh lakuin sendiri. Lamaaaaaaaaa banget baru kelar padahal cuman ngamplas satu pintu doang. Coba kamu kasih sama tukang bangunan, gak ada sejam kali kelar itu ngamplas. Kenapa? Karena itu udah kerjaan dia dan tentu saja dia udah nemu 1001 cara ngamplas dengan lebih cepat.

Berikut foto-foto akad pernikahan adik tahun 2010, waktu itu dia udah sewa fotografer jadinya saya cuman bawa kamera saku untuk motret keperluan sendiri aja. Semoga bisa bermanfaat buat kalian….

P1110833

P1110839

P1110864

P1110849

P1110898

P1110905