[NX Traveller] Vietnam, Nuansa Romantik dan Kekacauan Yang Puitis

English Version KLIK HERE

Dalam setiap perjalanan, terkadang kita diberkati oleh cuaca yang cerah memperkuat kekontrasan setiap catatan foto yang kita hasilkan. Tapi terkadang kita bisa saja diberi cuaca yang membuat kita hanya bisa menikmati dari kejauhan bahkan terburu-buru disela hujan yang mereda. Keduanya bagi saya tidak pernah menjadi suatu masalah karena kedatangan ke Vietnam ini akan menjadi perjalanan pertama yang diperuntukkan untuk menyimak dan ditengah-tengah itu berbagi bersama teman-teman yang ikut dalam perjalanan.

Lotus at Ninh Binh taken with Samsung NX 300 lens 60 mm Macro

Lotus at Ninh Binh taken with Samsung NX 300 lens 60 mm Macro

Menyimak Vietnam

Datang kesuatu negara yang bahkan belum pernah dikunjungi tentunya memerlukan imajinasi untuk membayangkan apa saja yang akan terjadi. Riset di internet sebelum keberangkatan bisa membantu banyak hal terutama apa yang akan dibawa dan yang akan kita hadapi dilapangan. Tapi yang membuat saya lebih semangat adalah bertemu dengan teman-teman NX Traveller dari Smartphotography Asia.  Karena ini adalah inti dari semua itu adalah perjalanan bersama NX Traveller! Smart Photography Asia mengajak 20 penghobi fotografi dari 3 Singapore, Malaysia dan Indonesia untuk mengunjungi Vietnam.

Saya dan fotografer asal Singapore Aik Chia Beng diberi kehormatan untuk menemani mereka dan membantu share tips tentang fotografi. Mengapa saya bilang ini adalah kehormatan? Salah satu bagian dari pekerjaan saya sehari-hari adalah menjadi mentor photography. Saya mencintai pekerjaan ini karena disini saya banyak sekali mendapatkan inspirasi dari mereka yang masih fresh. Banyak sekali angle dan ide kreatif keluar dari mereka tanpa mereka sadari dan hal ini.

Setiba kami di Hanoi, saya sudah melihat begitu banyak inspirasi dari rekan seperjalanan saya Aik Beng Chia. Abc, demikian kami memanggilnya, banyak bermain di genre street photography dan sudah menerima begitu banyak penghargaan internasional atas karya-karyanya. Saya memperhatikan caranya “menyimak” Vietnam dengan angle dokumentasi candid ala street photo. Sangat menarik dan menginspirasi!

Disini saya mempelajari bagaimana style dalam karya foto saling bercerita. Mulai dari ABC hingga teman-teman perjalanan NX Traveller semuanya kemudian membuat “cerita” yang menurut saya sangat sangat menarik! Ini semakin seru! Di sisi lain saya dan ABC membantu dari segi teknis dan input tentang How and Know –nya tapi tetap saja foto itu selalu akan menjadi sebuah karya yang personal. Masing-masing angle dari tiap orang akan selalu berbeda karena cara pandang manusia terhadap segala sesuatu itu unik.

taken with NX 300

taken with NX 300

SAMSUNG CSC

taken with NX 300 16 mm

20131214_070617

taken with Galaxy S4 Zoom

Waktu untuk eksplorasi Vietnam tidaklah cukup satu kali perjalanan ini saja. Saya yakin saya akan kembali kemari di musim yang berbeda. Musim hujan kali ini bukannya tidak membuat Vietnam menjadi cantik justru semakin cantik tapi ada keinginan untuk melihat Ninh Binh hijau seperti yang terlihat dibeberapa foto tentangnya saat musim tanam. Tentu saja alasan paling utama untuk kembali adalah untuk bisa menyimak Vietnam kembali. Vietnam menurut saya memiliki daya tarik yang unik, mengingatkan saya akan beberapa tempat di Indonesia. Jika kita umpakan dengan buku, Vietnam ini tertulis dengan kata-kata yang puitis, penuh dengan intrik drama dan kekecauan yang begitu fotojenik. Walaupun kami hanya mampir kesebagian kecil Vietnam tapi saya bisa melihat Vietnam melalui cara orang Vietnam memandang dalam foto mereka.

The Hospitality of Ninh Binh taken with Galaxy S4 Zoom

The Hospitality of Ninh Binh taken with Galaxy S4 Zoom

20131214_071325

taken with Galaxy S4 Zoom

SAMSUNG CSC

taken with Galaxy S4 Zoom

Saya kan membagi beberapa tips [klik disini]  dan [klik disini] yang saya berikan ketika berada di Vietnam bersama sahabat-sahabat baru saya NX Traveller dan sedikit foto perjalanan perdana kami kesana. Dalam perjalanan ini saya tidak terlalu banyak mengambil foto karena keinginan menyimak dan mengenal lebih dekat 19 Sahabat baru saya lebih tinggi. Dan pada akhir perjalanan, kami sulit sekali untuk “move on” dari perjalanan itu. Pembicaraan di group chat What Apps masih tidak berubah intensitasnya dari hari ke hari. Kami saling menyatakan kerinduan dan keinginan untuk melakukannya lagi. Mengapa tidak?

SAMSUNG CSC

colase2

SAMSUNG CSC SAMSUNG CSC

One thought on “[NX Traveller] Vietnam, Nuansa Romantik dan Kekacauan Yang Puitis

Leave a Reply

