Jember Fashion Carnival 2013

Mencoba membayangkan Jember Fashion Carnival sebenar-benarnya. Sungguhkah semeriah itu? Seberapa  besar partisipasi warga Jember terhadap acara ini? Beberapa teman yang sudah duluan meliput JFC beberapa tahun lalu, menangkap semangat kreatifitas dari Carnival ini. Sepertinya terlihat sangat menyenangkan dan penuh warna. Okelah mari kita coba!

[NX300 Samsung Lens 85 mm F 1.4]

[NX300 Samsung Lens 85 mm F 1.4]

 Sewaktu diajak oleh team dari Nutrifood untuk ikut memeriahkan JFC 2013, langsung saja saya terima dengan antusias. Selama ini hanya melihat dari beberapa foto teman-teman dari JFC tahun-tahun sebelumnya. Saatnya mencoba melihat langsung kemeriahan warga Jember yang katanya untuk acara ini, seluruh jalur protokol ditutup dan separuh warga kotanya ikut berpartisipasi dalam Carnival yang sudah berjalan 12 tahun.

Mendarat di Surabaya hari Jumat pagi, ternyata sudah ketinggalan hari pertama dan kedua penyelenggaraan JFC 2013. Perjalanan dari Surabaya ke Jember sendiri membutuhkan waktu 5 jam dengan catatan jika jalanan lenggang. Jadi tidak mungkin sampai ke Jember saat Carnival hari kedua dimulai. Duh sayang banget!

Ya sudahlah ya karena toh sampai Jember juga sudah pasti malam, saya dan pak Yusuf [supir rental] berkeliling kota Jember dulu sebelum check in ke hotel. Mampir ke sebuah toko ponsel untuk membeli simcard, sempat berbincang dengan pemilik toko tentang kota Jember.

Hasil perbincangan dengan encik pemilik toko ponsel membuat saya jadi agak penasaran sama Jember. Ini lumayan besar lo! Hanya saja anehnya gini, udah jauh dari pantai atau pelabuhan, belum punya airport (saat ini ya) dan secara kuliner juga gak ada yang khas-khas banget. Jadi hebat juga ya….untuk kota besar yang nanggung secara transportasi mereka berhasil membuat sebuah acara Carnival sebesar itu selama 12 tahun. Eh tunggu dulu! Jember Fashion Carnival ini bertaraf Internasional lo. Semua hotel penuh dengan wisatawan dari seluruh Indonesia dan luar negeri. Jadi memang acara ini menangkap perhatian begitu banyak orang.

Jember itu padahal bukan semacam kota tekstil atau kota fashion, tetapi mereka berhasil membuat acara ini lengket, nempel, dempet atau apapun itu dengan kota Jember. Jadi kalau mau bicara soal event Fashion Carnival, ya pasti Jember Fashion Carnival yang saat ini masih paling besar dan terkenal. Buat info aja ya di sekeliling Jember, fesyen bukanlah sesuatu yang menggila sehingga dimana-mana kita bisa menemukan toko baju atau boutique. Semuanya normal-normal saja.

DAY 03 : JRENG! PANAS MEMBARA!

Undangan tertulis pukul 11 siang dan arakan akan dimulai pukul 1 siang. Seperti sudah saya duga, panasnya JRENG! Sama sekali gak ada diskon, bisa jadi matahari mendekat kearah Jember siang itu. Carnival dimulai dan saya menganga tanpa henti. Kagum sekaligus terheran-heran, begitu banyak pertanyaan yang ingin ditanyakan daripada mengambil gambar.

Ya kagumlah! Panasnya membahana dan para peserta Carnival ini jalan memamerkan pakaian kostum yang bernuansa musim dingin. Bayangkan memakai mantel berbulu dan baju berlapis yang rapat pat pat ditengah panas yang menggila. Langit biruuuuu bersih tanpa awan sedikitpun untuk berteduh, bagus buat motret tapi gak bagus buat mereka yang nantinya akan berjalan hampir 4 km dengan baju musim dingin.

Salut banget! Sepanjang 4 km panjangnya mereka konsisten tersenyum dan melambaikan tangan. Akting seakan-akan mereka sedang kedinginan ditengah jalan raya Jember!

SAMSUNG CSC

[NX300 Samsung Lens 85 mm F 1.4]

[NX300 Samsung Lens 85 mm F 1.4]

[NX300 Samsung Lens 85 mm F 1.4]

[NX300 Samsung Lens 85 mm F 1.4]

[NX300 Samsung Lens 85 mm F 1.4]

[NX300 Samsung Lens 85 mm F 1.4]

[NX300 Samsung Lens 85 mm F 1.4]

 

PRESS CONFERENCE

Berbicara dengan founder Jember Fashion Carnival, Dynanz Fariz, bahwa ini semua adalah swadaya dari masyarakat Jember. Artian, warga Jember yang berpartisipasi dalam acara ini, merancang bajunya sendiri, mendanai ongkos pembuatannya bahkan beberapa dari mereka juga membawakan rancangannya selama Carnival sendiri! Keren!

Ketika memasuki lobby hotel untuk menghadiri acara Press Conference, saya melihat para peserta yang juga warga Jember, duduk di lantai sepanjang  lobby sambil menikmati nasi bungkus. Beberapa saya kenali adalah orang yang sama tadi siang memperagakan kostum musim dingin.

Malam ini mereka akan memperagakan kostum musim dingin ala Tibet dan besok pun mereka akan mengenakannya saat panas terik! Catat : tanpa dibayar! Memang luar biasa semangat dan partisipasinya.

Didalam ruangan sudah banyak wartawan asing dan lokal. Dua  finalis L Men, Tema [@dwitemaja] dan Rio [@riodermawan] memperagakan kostum rancangan Dynanz Fariz yang menang sebagai kostum terbaik disebuah event Internasional. Kostum yang bertemakan Raja Madura dan Toraja ini keren abis! Detil banget pengerjaannya dan terlihat jelas bahwa kostum ini beraattttt banget! Gak kebayang Tema dan Rio besok akan jalan di bawah terik matahari dengan mengenakan baju seberat itu.

Dynanz Fariz - Founder Jember Fashion Carnival  [NX300 Samsung Lens 85 mm F 1.4]

Dynanz Fariz – Founder Jember Fashion Carnival [NX300 Samsung Lens 85 mm F 1.4]

Detail kostum The King of Madura yang diperagakan oleh Runner up L Men dari bali @dewatemaja [NX300 Samsung Lens 85 mm F 1.4]

Detail kostum The King of Madura yang diperagakan oleh Runner up L Men dari bali @dwitemaja [NX300 Samsung Lens 85 mm F 1.4]

Detail kostum The King of Madura yang diperagakan oleh Runner up L Men dari bali @dewatemaja [NX300 Samsung Lens 85 mm F 1.4]

Detail kostum The King of Madura yang diperagakan oleh Runner up L Men dari bali @dwitemaja [NX300 Samsung Lens 85 mm F 1.4]

kostum The King of Madura yang diperagakan oleh Runner up L Men dari bali @dewatemaja [NX300 Samsung Lens 85 mm F 1.4]

kostum The King of Madura yang diperagakan oleh Runner up L Men dari bali @dwitemaja [NX300 Samsung Lens 85 mm F 1.4]

Kids Carnival [NX300 Samsung Lens 85 mm F 1.4]

Kids Carnival [NX300 Samsung Lens 85 mm F 1.4]

Kids Carnival [NX300 Samsung Lens 85 mm F 1.4]

Kids Carnival [NX300 Samsung Lens 85 mm F 1.4]

SAMSUNG CSC

Kostum yang terinspirasi Venice [NX300 Samsung Lens 85 mm F 1.4]

DAY 03 : AS INDONESIAN’S. WHAT DO YOU THINK?

Carnival yang akan diikuti oleh 650 peserta akan memperagakan baju rancangan milik mereka,teman atau saudara. Duduk manis di panggung beratap untuk media saja, saya sudah kepanasa, Gimana orang yang hari ini bakal jalan 3,6 km siang bolong cerah ceria gini ya? Jangan pikir bahwa mereka hanya peserta dewasa ya, anak-anak yang ikut paradenya pun ikut berjalan sejauh itu. Mereka tampak bangga dan penuh semangat. Hebat banget!

Day 02 : Bamboo [NX300 Samsung Lens 85 mm F 1.4]

Day 02 : Bamboo [NX300 Samsung Lens 85 mm F 1.4]

Day 02: Betawi  [NX300 Samsung Lens 85 mm F 1.4]

Day 02: Betawi [NX300 Samsung Lens 85 mm F 1.4]

Day 02 : Betawi [NX300 Samsung Lens 85 mm F 1.4]

Day 02 : Betawi [NX300 Samsung Lens 85 mm F 1.4]

Day 02 [NX300 Samsung Lens 85 mm F 1.4]

Day 02 [NX300 Samsung Lens 85 mm F 1.4]

Disebelah kanan saya duduk warga Kanada domisili Jakarta, datang bersama istri dan teman-temannya. Sebelah kiri saya seorang profesional fotografer dari Amerika, Jim. Sembari menunggu parade antara tema kami ngobrol tentang acara ini. Jim mengajukan pertanyaan, entah dia ngetest atau beneran nanya.

“As Indonesian’s, what do you think about this JFC sha?”

 

“So damn proud! This JFC is crazy Jim! For a small town 5 to 7 hours driving from the nearest airport and no sea port, making a Fashion Carnival out of the blue and lasting for 12 years…I salute these people! Great!”

Segitu dulu cerita pengalaman di JFC 2013, selebihnya selamat menikmati semua foto-foto yang terlebih dahulu sudah saya share di twitter, Instagram dan Facebook. Menggunakan feature #Autoshare dari Samsung Smart Camera #nx300, kamera terhubung langsung dengan smartphone Samsung S4. Setiap kali memotret, foto langsung terkirim realtime ke smartphone dan siap di-share secara langsung. Untung banget XL signalnya kenceng-sekencengnya, kirim file high res yang tidak sempat teredit ke twitter lancar jaya! Nah untuk teman-teman yang tidak sempat menyimak bombardir Live Upload saya dari Jember bisa melihat foto galeri di-blog travel ini. Selamat menikmati semangat ala Jember!

Day 02 : Finalist L Men Rio Dermawan memperagakan Toraja. [NX300 Samsung Lens 85 mm F 1.4]

Day 02 : Finalist L Men @riodermawan memperagakan Toraja. [NX300 Samsung Lens 85 mm F 1.4]

SAMSUNG CSC

Day 02 : Finalist L Men @riodermawan memperagakan Toraja. [NX300 Samsung Lens 85 mm F 1.4]

Day 02 : Spider [NX300 Samsung Lens 85 mm F 1.4]

Day 02 : Spider [NX300 Samsung Lens 85 mm F 1.4]

Day 02  [NX300 Samsung Lens 85 mm F 1.4]

Day 02 [NX300 Samsung Lens 85 mm F 1.4]

Day 02  [NX300 Samsung Lens 85 mm F 1.4]

Day 02 [NX300 Samsung Lens 85 mm F 1.4]

Day 02 : Tibet [NX300 Samsung Lens 85 mm F 1.4]

Day 02 : Tibet [NX300 Samsung Lens 85 mm F 1.4]

Day 02 : Spider Kids [NX300 Samsung Lens 85 mm F 1.4]

Day 02 : Spider Kids [NX300 Samsung Lens 85 mm F 1.4]

 Powered by

Samsung Smart Camera

Advertisements

4 thoughts on “Jember Fashion Carnival 2013

  1. Bukik says:

    Fotonya keren-keren……saya berkunjung ke sana dua tahun yang lalu…..ngundang Dynand ke surabaya 4 tahun yang lalu…ah cepatnya waktu berlalu *jadimelo

  2. chacha says:

    mbak putri banyak mengakses jfc,,,apa saya boleh minta kontak mb putri?
    saya mahasiswa semester akhir yang sedang menempuh skripsi tentang jfc,,,mungkin mbk putri berkenan jadi salah satu narasumber saya,, selaku penikmat dan pengapresiasi JfC,,,

    Ini email saya mbk nacha_sadewa@yahoo.co.id

    trimakasi,,mohon pastisipasinya,,trimakasi

    *caca

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s